jump to navigation

12 Hal Yang Dapat Meningkatkan Kebahagiaan Anda Selasa, 12 Juni, 2007

Posted by Quito Riantori in Artikel.
trackback

Quito R. Motinggo

“Tidak mudah menemukan kebahagiaan di dalam diri kita sendiri,
dan tidak mungkin menemukannya di lain tempat”
~ Agnes Repplier

1. Ingatlah selalu kepada Tuhan, di mana pun , dalam keadaan apa pun, berdzikirlah, beribadahlah dengan teratur.
“Orang dungu mencari kebahagiaan di tempat yang jauh(di luar dirinya); orang bijak menumbuhkannya di bawah kakinya.”
~ James Oppenheim

2. Ingatlah selalu bahwa bersama kesulitan itu ada kemudahan dan sebaliknya.
“Kebahagiaan adalah selingan di antara periode-periode ketidakbahagiaan.”
~ Donald Marquis

3. Jangan sekali-kali menyamakan kebahagiaan dengan uang.
“Mari jangan terlalu kita remehkan kemuliaan, karena tidak ada yang lebih baik daripadanya kecuali kebaikan – Kebahagiaan yang tertinggi di dalam hidup ini adalah menggabungkan keduanya (kemuliaan dan kebaikan).”
~ Franc Chateaubriand

“Ingat, kebahagiaan itu tidak bergantung pada siapakah diri Anda atau apa yang Anda miliki, tetapi semata-mata bergantung pada apa yang Anda pikir”
~ Dale Carnegie

4. Berolah-ragalah dengan teratur. Olah raga yang teratur sangat efektif menyembuhkan kecemasan dan depresi yang ringan. Olah raga juga menstimulasi lebih banyak energi, dan juga baik untuk pikiran dan tubuh.

5. Lakukanlah hubungan intim dengan istri/suami Anda secara teratur dan jangan khianati cintanya. Anda takkan pernah dapat bahagia jika Anda telah menyakiti orang yang mencintai Anda. Saya kira tidak ada yang perlu ditambahkan…
“Hanya ada satu kebahagiaan dalam hidup, mencintai dan dicintai”
~ George Sand
“Jika Anda ingin orang lain bahagia, curahkan kasih sayang Anda. Jika anda ingin bahagia, curahkan kasih sayang Anda.”

6. Curahkan waktu dan upaya Anda untuk mempererat hubungan silaturahim. Mempercayakan dan mendiskusikan problem-problem serta isu-isu adalah baik untuk kebahagiaan, oleh karena itu bekerjalah atas dasar hubungan yang seperti ini.
“Persahabatan itu dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi kesedihan, yaitu dengan menggandakan kegembiraan dan berbagi kesusahan kita.”
~ Marcus Tulli Cicero

7. Adakanlah jeda untuk merenung, bermeditasi tentang hal-hal yang baik di dalam hidup ini. Fokuskan ke aspek-aspek yang baik dari kehidupan ini untuk mencegah diri Anda jatuh ke gaya hidup hedonis.
“Kebahagiaan itu bak seekor kupu-kupu, yang ketika dikejar, selalu berada di luar cengkraman Anda, tetapi jika Anda duduk dengan tenang, mungkin cahaya akan menyinarimu” ~ Nathaniel Hawthorne

8. Carilah pekerjaan yang dapat meningkatkan keahlian Anda, dan enjoy-lah dengan pekerjaan Anda. Bekerja dengan baik dapat menciptakan kebahagiaan, dan cara termudah agar Anda dapat bekerja dengan baik adalah melakukan pekerjaan yang Anda suka.
“Sukses bukanlah kunci kebahagiaan, namun kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai apa yang sedang Anda kerjakan, niscaya Anda akan bahagia.”
~ Albert Schweitzer

9. Sediakan waktu tidur yang cukup bagi tubuh Anda. Terlalu banyak orang yang kurang tidur, sehingga berakibat merasa lelah, penat dan letih, suasana hati yang suram, dan kurang berkonsentrasi.

10. Bersedekahlah. Jangan mengejar kebahagiaan demi diri sendiri, nikmatilah momen-momen saat ini. Karena banyak orang tidak memahami apa yang membuat mereka bahagia, mengejar kebahagiaan dapat juga membuat mereka egois dan kurang peduli kepada orang-orang yang memerlukan bantuan. Orang yang seperti ini takkan pernah bahagia selamanya!
“Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan” (Rasulullah saww, Bihar al-Anwar 96:132)
“Sedekah itu menolak seratus kejelekan” (Rasulullah saww, Bihar al-Anwar 96:124)
“Sesungguhnya sedekah itu akan menambah bagi pelakunya banyak (rizqi), karena itu bersedekahlah kamu agar Allah menyayangimu!” (Rasulullah saww bersabda, Al-Bihar 96 : 122)
“Kebahagiaan yang palsu membuat orang menjadi jahat dan sombong, dan kebahagiaan seperti itu tak pernah dibicarakan. Kebahagiaan sejati membuat mereka menjadi baik hati dan bijaksana, dan kebahagiaan seperti ini selalu di-sharing.”
~ Montesquieu

11. Kendalikanlah hidup Anda, jangan sampai hawa nafsu yang mengendalikan hidup Anda, aturlah diri Anda sendiri sedemikian rupa agar Anda dapat mencapai tujuan-tujuan Anda yang mulia. Orang-orang yang paling bahagia adalah mereka yang dapat mencapai tujuan-tujuan hidup mereka, jadi atur pula tujuan-tujuan Anda, sesuaikan dengan keadaan dan kemampuan Anda. Anda boleh saja mempunyai tujuan yang tinggi, namun jika terlampau tinggi pun Anda akan menemui kesulitan untuk menemukan kebahagiaan.
“Jika Anda menginginkan hidup bahagia, ikat keinginan Anda pada satu TUJUAN, bukan pada seseorang atau sesuatu”
~ Albert Einstein
“Sebuah rintangan besar untuk mencapai kebahagiaan adalah harapan yang terlalu
banyak atas kebahagiaan.”

~ Bernard Fontenelle

12. Bertawakkal-lah kepada Allah.
“Hanya ada satu jalan untuk mencapai kebahagiaan dan itu adalah mengurangi kekhawatiran tentang apa yang berada di balik kuasa kehendak kita”
~ Epictetus

Laa hawla wa laa quwwata illa billah

Iklan

Komentar»

1. Cahaya Islam - Selasa, 19 Juni, 2007

salam….
semoga yang membaca artikel ini dapat meraih kebahagiaan. Insya Allah.

2. Quito Riantori - Selasa, 19 Juni, 2007

Amin….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: