jump to navigation

Wasiat Rasulullah Saw kepada Sahabat Setianya, Abu Dzar al-Ghifari : Rabu, 12 November, 2008

Posted by Quito Riantori in Artikel, Khazanah Hikmah Ahlul-Bayt.
trackback

poor-woman8

Wahai Abu Dzarr, 4 hal tidak dapat mencapainya kecuali ia seorang mu’min :1. Diam, ini merupakan awal ibadah, 2. Tawadlu’ (merendahkan diri) kepada Allah, 3. Berzikir kepada Allah dalam setiap keadaan, 4. Sedikit memiliki sesuatu, yaitu – sedikit harta…” (Syaikh Abu Nashr Ath-Thabarsi, Makarim Al-Akhlaq hal. 469)

“Wahai Abu Dzarr! Kebanyakan orang yang masuk neraka adalah orang-orang yang sombong (al-mustakbirun). Seseorang bertanya kepada Nabi saww : “Apakah ada orang yang selamat dari sifat sombong?” Jawab Nabi, yaitu orang yang suka memakai suf (pakaian yang sederhana) dan berkendaraan himar (kendaraan yang memadai), dan memerah (susu) kambing (melakukan pekerjaan pekerjaan yang nampaknya hina padahal tidak), serta duduk bersama orang-orang miskin.” (Makarim al-Akhlaq hlm. 471)

Wahai Abu Dzarr! Bershilaturahimlah kepada kerabatmu, meskipun mereka memutuskan shilaturrahim dan cintailah orang-orang miskin dan duduklah bersama mereka.” (Makarim al-Akhlaq hal.473)

Wahai Abu Dzarr, akan ada sekelompok manusia dari umatku yang dilahirkan dalam kemewahan, hidup dalam kenikmatan, tujuan hidup mereka hanya pada aneka macam makanan dan minuman dan memuji-muji dengan lidah. Mereka itulah sejelek-jelek umatku.” (Makarim al-Akhlaq hal. 471)

Iklan

Komentar»

1. arie kariana - Rabu, 12 November, 2008

rahmat Allah bagi abudzar ra, riwayat sosok yang satu ini memang lebih banyak berbalut kesedihan bahkan sampai di ujung hayatnya disebabkan saking kuatnya beliau(abudzar) memegang amanah rasulullah saaw, seakan2 tidak peduli walapun -misal- seluruh penghuni bumi ini memusuhinya karena keimanannya yang murni pada Allah swt.

riwayat mengenai beliau yang terus terekam dalam fikiran saya semenjak saya kecil ialah ketika beliau tertinggal dari barisan rasulullah dikarenakan fisiknya yang memang tidak sekuat sahabat2 lainnya, namun abudzar dalam kondisi fisik yang memprihatinkan , kehausan yang sangat, tetap saja tidak mau meminum air minum yang dibawanya sebelum orang yang sangat dicintainya terlebih dahulu meminumnya, yaitu rasulullah muhammad saaw, sampai kemudian beliau bertemu dengan rasul saaw yang mengistirahatkan barisannya, dan tersenyum bahagia ketika melihat abudzar dalam kondisi yang sedemikian rupa tetapi dapat menyusul rasul saaw, dan lebih trenyuh lagi ketika abudzar langsung menyodorkan minumannya kepada rasul saaw padahal ia sendiri terlihat lebih membutuhkannya, dan disitulah rasulullah saaw mengatakan sesuatu mengenai abudzar dengan kata2 yang terus akan diingat oleh seluruh yang hadir dan tersebar luas sampai sekarang, dan membuat abudzar sangat bahagia, walaupun rasulullah saaw mengatakan bahwa beliau(abudzar) suatu saat akan meninggal dalam kondisi sendirian dan terasing… ini disebabkan abudzar membela imam ‘ali bin abi thalib as sampai akhir hayatnya

mas kalau boleh saya ingin mengetahui bagaimana riwayat bilal sang muadzin rasulullah saaw semenjak wafatnya rasulullah saaw, karena selama ini riwayat yang umum mengenai bilal hanya ketika rasul saaw masih hidup. mudah2an blog ini berkesempatan untuk memuat artikelnya, maaf merepotkan, terimakasih, salamun’alaykum…

2. Quito Riantori - Kamis, 13 November, 2008

@arie
insya Allah, saya coba…
Salamun ‘alaykum

3. lintasmarketing - Kamis, 13 November, 2008

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: