jump to navigation

Saudi Wahabi kah Yang Bertanggung-jawab Mengubah Teks Terjemahan Hadis? Jumat, 5 Desember, 2008

Posted by Quito Riantori in About Wahabism-Salafism, Artikel.
trackback

wahabism

(Bagian I)

Investigasi Penyimpangan Terjemahan Hadis Kedatangan Kembali Isa Al-Masih

Hadis Nomer 658 jilid 4 Edisi Arab/Inggris Shahih al-Bukhari menceritakan kembalinya Isa AS di saat “Imam” telah datang. Penerjemahan berganti saat edisi berikutnya!

Sahih al-Bukhari adalah kitab hadis utama kalangan Ahlus Sunnah setelah Kitab suci Al-Quran. . Terjemahan Bahasa Inggris oleh Muhammad Muhsin Khan terbit 9 jilid dan terbit dalam berbagai edisi. Hadis yang diteliti di bawah ini muncul dalam edisi Dar al-Fikr (tanpa tahun, meskipun diduga terbit baru-baru ini).

Shahih al-Bukhari, Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail (256H), jilid 4 halaman 437, hadis nomer 658. Beirut: Dar al-Fikr (9 jilid) terjemahan Muhammad Muhsin Khan.

Sahih al-Bukhari, Al-Bukhari, Muhammad b. Isma`il (d. 256 AH), volume 4, pg. 1
Beirut: Dar al-Fikr (9 vols), translated by Muhammad Muhsin Khan, n.d.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah: Rasulullah bersabda, ”Bagaimana keadaanmu nanti jika putera Maryam (Nabi Isa al-Masih as) turun di antaramu, dan ia akan memutuskan berdasarkan hukum al-Qur’an dan tidak berdasarkan hukum Injil.”

Mereka yang benar-benar memahami Bahasa Arab akan melihat bahwa kalimat yang digaris bawahi di hadis tersebut (wa imaamukum minkum) dan terjemahan Inggrisnya sangat berbeda!

Terjemahan seharusnya adalah: Apa yang akan kalian lakukan jika Ibnu Maryam turun dan Imam kalian ada di antara kalian?

Terjemahan ini bisa dilihat pada kitab Khatib al-Tabrizi’s volume 3, pg. 1159, chapter vi (The Descent of Jesus) Mishkat al-Masabih, yang mengutip hadis Sahih al-Bukhari: Lahore: Shaikh Muhammad Ashraf (2 vols), yang diterjemahkan James Robson, 1964.

Ia meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Aku bersumpah demi Allah bahwa putera Maryam, akan turun sebagai hakim dan mematahkan salib, membunuh babi, menghapuskan jizyah, dan meninggalkan unta betina muda sehingga pengumpul zakat tidak bekerja untuknya. Rasa dengki, benci dan cemburu seseorang akan hilang, dan ketika ia memanggil orang untuk menerima kekayaan tak ada yang mau menerimanya”. Muslim meneruskannya.

Di dalam versi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda,” Apa yang akan kamu lakukan saat putera Maryam, turun dan Imam kalian berada di antara kalian?

Mungkinkah ini kesalahan penerjemah Shahih Bukhari ke Bahasa Inggeris?
Terjemahan Muhammad Muhsin Khan telah dicek dan recek oleh sejumlah ilmuwan, dan dapat dilihat dari sertifikat yang terlampir di setiap halaman pertama setiap jilid.

Kami yang bertandatangan di bawah ini telah membaca terjemahan “Sahih al-Bukhari” oleh Dr.Muhammad Muhsin Khan dan telah melakukan usaha terbaik merevisi dan mengoreksi secara sempurna dari awal hingga akhir, dengan kemampuan dan daya upaya, dan telah mengoreksinya sebaik mungkin.

Kami berterimakasih pada Allah, yang Maha Tinggi, untuk kesuksesan usaha yang bermanfaat ini dan memohon Allah memberikan ganjaran setimpal pada mereka yang terlibat. Allahlah tempat tujuan kita dan Dialah yang memberi petunjuk jalan yang lurus.

Shakir Nasif Al-Uhaydi; M.A English Universitas Vanderbilt Amerika Serikat, Dosen Bahasa Inggris Universitas Baghdad dan Fakultas Pendidikan Mekah.

Dr Mahmud Hamad Nasr; Lulusan Universitas Khartum. Dokter Rumah Sakit Raja Madinah

Dr Muhammad Taqiy-ad-Din Al-Hilali. Doktor Universitas Berlin Jerman, Professor Universitas Muhammad V Universitas Maroko, Universitas Islam Madinah

Lalu, siapa yang bertanggungjawab atas kesalahan ini?
Sertifikat ini juga muncul di terbitan awal di Pakistan tahun 1971

Pada edisi tersebut kami temukan kesalahan mencolok itu tidaklah terjadi!
Hadis ini telah diterjemahkan sangat akurat. Perhatikan jilid, halaman, dan nomer hadis di edisi di bawah ini, dengan yang berasal dari terbitan Dar al-Fikr.

Diriwayatkan Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Bagaimana keadaan kalian nanti ketika putera Maryam (Isa al-Masih) turun di antara kalian sedangkan salah satu di antara kalian ada Imam (pemimpin) kalian.”

Jadi, tampak disini bahwa kesalahan-kesalahan di atas secara jelas dan sengaja berasal dari terjemahan. Terjemahan perlahan-lahan di dalam edisi berikutnya yang dicetak hingga sekarang mengalami distorsi (penyimpangan, tahrif). Termasuk terbitan terbaru edisi Pakistan. Bahkan versi hadis online juga mengalami kesalahan terjemahan. Simak contoh berikut:

Diriwayatkan Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda, “Bagaimana keadaan kalian nanti ketika putera Maryam turun di antaramu dan ia akan memutuskan berdasarkan hukum al-Qur’an dan tidak berdasarkan hukum Injil?”

Apakah referensi pada Fath-ul Bari mengalami distorsi?

Fath al-Bari adalah kitab komentar (syarh) Shahih al-Bukhari paling terkenal. Ditulis oleh Ibnu Hajar al-Asqalani (852 Hijriah). Seorang ulama besar Ahlus Sunnah. Meskipun analisis di atas menunjukkan kehati-hatian menulis teks, investigasi mengungkapkan hal yang mengejutkan. Sangat beralasan teks yang panjang dimana Ibnu Hajar mengutip opini beragam sumber demi memperkaya makna sekaligus sebagai tradisi. Beberapa komentar dterjemahkan sebagai berikut:

Dan menurut Ahmad di dalam hadis al-Dajjal dan ‘Isa “Jika mereka bersama Isa, maka seharusnya yang dikatakan: Pimpin Wahai Ruh Allah (. ‘Isa), ia akan berkata: Biarkan Imam mu yang memimpin shalat.” Ibn Majah di hadith Abi Umamah tentang al-Dajjal, berkata: dan mereka semua, maksudnya kaum Muslim, di Jerusalem dan imam mereka adalah orang benar yang memimpin shalat, ketika ‘Isa turun ; Imam mundur ke belakang untuk mempersilahkan Isa memimpin. Isa lalu menghadap wajahnya dan berkata: Imamilah! Shalat ini diimami oleh mu.. “
Abu al-Hasan al-Khasa’i al-‘Abidi menyebutnya di Manaqib al-Shafi’i bahwa hadis ini diulang berkali-kali (mutawatir) bahwa al-Mahdi berasal dari bangsa ini dan ‘Isa shalat di belakangnya. Ia menyebut hal ini membantah hadith Ibn Majah yang berasal dari Anas yang mengatakan “tidak ada Mahdi kecuali ‘Isa”.
Dan Abu Dharr al-Harawi mengatakan bahwa ia diberitahu oleh al-Jawzaqi dari orang sebelumnya , ia berkata: arti ia berkata”imam mu berasal dari di antaramu” artinya ia memimpin dengan Quran dan bukan dengan Injil.
[…]
Ibn al-Jawzi berkata: Jika ‘Isa ikut memimpin akan ada keraguan di masyarakat apakah Isa akan memimpin sebagai perwakilan atau sebagai pembaharu hukum.Untuk itu,ia akan sholat dengan dipimpin sehingga ia tidak akan ragu,sesuai sabda Rasulullah “tidak ada lagi nabi sesudahku.” Juga, dengan cara Isa shalat dibelakang laki-laki dari umat ini, terjadi di akhir jaman menjelang hari akhir, adalah bukti nyata firman Tuhan: Bumi tidak akan dibiarkan tanpa ada bukti (hujjah) kekuasaan Allah (qa’im lillah bi-hujjah), dan Allah Maha Mengetahui.

Semakin terbukti dari kalimat di atas bahwa beragam kutipan oleh Ibnu Hajar dimaksudkan untuk melindungi makna hadis dan identitas Imam. Perubahan terjemahan teks Muhsin Khan dihasilkan dengan mengganti terjemahan dengan satu dari beberapa penjelasan, satu kalimat itu diwarnai merah . Sedangkan yang lain termasuk yang penting diwarnai dengan biru (yang dihilangkan).

Lalu, siapakah yang dimaksud dengan “imam” seperti yang disebutkan di atas?

Syi’ah memahaminya dan merujuk pada Imam al-Mahdi (a) yaitu Imam keduabelas dan Penerus Rasulullah (Saw) dari Ahul al-Bayt. Dia itulah bukti (hujjah) kekuasaan Qa’im al-Hujjah, dan shalat dibelakangnya Isa (Jesus) as menjadi ma’mum ketika Nabi Isa as turun.

Catatan: Untuk lebih jelasnya Anda perlu mengunjungi situs ini :

http://www.al-islam.org/tahrif/yourimam/index.htm

____________________
Diterjemahkan oleh Doddy Salman
dari : http://www.al-islam.org/tahrif/

Iklan

Komentar»

1. Irfan - Kamis, 15 Januari, 2009

Israel teh Goblok Anjink. Mohon Israel di hilangkan dari peta dunia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: