jump to navigation

Bayi Cacat di Cina Gara-gara Polusi Rabu, 4 Februari, 2009

Posted by Quito Riantori in Apa Kabar Indonesia?.
trackback

polution2
BEIJING — Laju pencemaran lingkungan yang sangat tinggi ikut bertanggung jawab atas kelahiran bayi cacat setiap setengah menit di Cina. Setiap tahun, hampir 1,1 juta bayi lahir dalam kondisi cacat–atau 7 persen dari total angka kelahiran–di negeri itu.

“Angka kelahiran bayi dengan cacat fisik meningkat secara konstan, baik di wilayah urban maupun pedesaan,” ujar Jiang Fan, Wakil Menteri Komisi Perencanaan Keluarga dan Populasi Nasional, seperti dimuat koran China Daily akhir pekan kemarin.

Hu Yali, profesor di Nanjing University, Cina sebelah timur, mengatakan bahwa faktor-faktor di balik kelahiran bayi-bayi cacat itu “sangat kompleks”. Tapi, berdasarkan hasil riset, sebanyak 10 persennya disebabkan kualitas lingkungan yang buruk. “Sebanyak 25-30 persen karena faktor genetik, sedangkan sisanya karena kombinasi kedua faktor,” tulis Yali pada harian Ta Kung Pa yang terbit di Hong Kong.

Angka itu senada dengan isi berita pada China Daily, bahwa Provinsi Shanxi di Cina utara yang kaya dengan tambang batu bara memiliki angka kelahiran bayi cacat tertinggi di seluruh Cina. Sumber polusi utama di provinsi itu berupa emisi gas beracun dari industri-industri kimia berskala besar.

“Problem tingginya angka kelahiran bayi cacat terkait dengan pencemaran lingkungan, terutama di delapan zona batu bara utama,” tutur An Huanxiao, Direktur Dinas Perencanaan Keluarga di Provinsi Shanxi.

Pan Jianping, profesor di Kantor Riset Kesehatan Anak dan Wanita, Xi’an Jiaotong University, memperingatkan bahwa angka-angka kelahiran bayi cacat yang terus meningkat dari tahun ke tahun itu bisa berkembang menjadi problem sosial. Perkembangan ekonomi dan kualitas kehidupan bakal terpengaruh. “Tekanan ekonomi akan sangat besar bagi keluarga-keluarga yang memelihara bayi cacat fisik, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah miskin,” katanya.afp

***

Gimana dengan Indonesia? Limbah dan polusi pabrik-pabrik kita, yang mencemari udara, sungai, laut, hutan, kota dan desa?  sampah-sampah yang kita buang sembarangan ke sungai hingga mengundang banjir? asap hitam knalpot bis, metromini, bajaj, motor dan mobil pribadi? asap rokok di tempat2 umum? Pestisida dan asbes yang berbahaya?

_________________

Sumber :http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2009/02/04/Ilmu_dan_Teknologi/krn.20090204.155718.id.html

Iklan

Komentar»

1. aziz . - Senin, 21 September, 2009

chinnaaa gilaaaaaa…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: