jump to navigation

Bagaimana Sikap & Prilaku Kita Kepada Pembantu Rumah Tangga? Senin, 16 Maret, 2009

Posted by Quito Riantori in About Wahabism-Salafism, Artikel, Bilik Renungan.
trackback

wnnimage-saudimaidabuse_b

Walaupun sampai kini masih ada perlakuan sebagian orang kepada pembantu rumah tangganya seperti seorang tuan besar kepada budaknya, namun tidak demikian yang diajarkan oleh Islam kepada pengikutnya.

Tidak jarang kita melihat atau mendengar berita dari negara-negara yang berlabel Islam (Arab Saudi misalnya), tetapi banyak warganya yang berlaku kasar, bahkan kejam terhadap pembantu rumah tangga mereka. Tentu saja ini aneh bin ajaib, sementara di Indonesia sendiri bangsa ini hampir tidak kita dengar berlaku buruk terhadap pembantu-pembantu mereka.

Apakah ajaran-ajaran Islam ala Saudi-Wahabi mengajarkan sikap-sikap buruk seperti itu terhadap pembantu rumah tangga mereka? Benarkah Islam yang diajarkan Muhammad Saw mengajarkan tindakan-tindakan seperti itu?

Islam dengan serius menentang pola-pola seperti itu. Islam memandang bahwa hubungan antara seorang majikan dan pembantu rumah tangganya merupakan sebuah hubungan kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak sehingga satu sama lainnya harus saling menghormati dan saling menjaga hak dan kewajiban yang mesti dipenuhi keduanya.

Rasulullah saww bersabda : “Mereka (para pembantu rumah tangga) itu adalah saudara-saudara kalian juga yang Allah jadikan mereka berada dibawah tanggung jawab kalian. Maka barangsiapa yang Allah jadikan mereka bertanggung jawab atas saudaranya maka dia mesti memberi saudaranya itu makanan, dan pakaian, yang sama dengan yang ia kenakan dan membantunya di dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sulit” (Bihar al-Anwar 15 : 41)

Dua orang pembantu Imam Ali Ridha as, Yasir dan Nadir bercerita bahwa Imam telah berkata kepada mereka berdua : “Jika kalian melihat saya berdiri disamping kalian pada saat kalian sedang makan maka saya minta kalian jangan pindah dari tempat kalian (jangan terlalu pedulikan saya) sampai kalian menyelesaikan makan kalian

(Bihar al-Anwar 15, Bab : Keluarga hal 41)

Imam Ali bin Abi Thalib as membeli dua helai baju. Sebuah baju tersebut berharga 3 dirham dan yang yang lainnya 2 dirham. Imam Ali mengambil yang seharga 2 dirham untuknya dan memberikan yang berharga 3 dirham untuk pembantunya Qambar. Melihat hal itu Qambar berkata kepada Imam Ali as: “Anda lebih baik mengenakan yang ini (yang 3 dirham) karena Anda sering berdiri di mimbar dan berkhutbah kepada umat manusia”. Imam menjawab,”Qambar, kamu masih muda dan berhak untuk menikmatinya, sedangkan saya malu kepada Tuhan, jika lebih mengutamakan diri saya dari kamu, karena saya telah mendengar Rasulullah saww bersabda: “Pakaikanlah pembantu-pembantu kalian dengan pakaian yang sama dengan yang engkau kenakan dan beri mereka makan dengan makanan yang sama yang engkau makan” (Bihar al-Anwar 15 : 41)

Rasulullah saww bersabda : “Berlaku ramahlah dan menyenangkan kepada pembantu kalian, karena dengan demikian semua keinginan kalian dipatuhi dengan lebih sopan” (Bihar al-Anwar 15 : 41)

Suatu hari pernah Imam Ja’far ash-Shadiq as mengirim pembantunya untuk pergi mengerjakan sesuatu. Pembantu Imam Ja’far pun pergi, namun sudah sekian lama ia tidak juga kembali. Kemudian Imam menyusul pembantunya itu dan menemukan pembantunya sedang tertidur lelap. Imam tetap berdiri menunggu sang pembantu sampai ia bangun dari tidurnya. Ketika pembantunya bangun dari tidurnya, dengan lembut Imam berkata kepadanya,”Wahai fulan, mengapa engkau tidur sepanjang siang dan malam? Biarlah malam untukmu, untuk engkau tidur beristirahat tetapi berikan siang harimu itu untuk bekerja untukku…” (Raudhah al-Kafi hal.87, hadits ke 50 Cet. Teheran)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: