jump to navigation

Kapitalisme Rambut Hitam? Selasa, 16 Juni, 2009

Posted by Quito Riantori in Apa Kabar Indonesia?.
trackback

SBY ketika berkampanye di GOR Flobamora, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (14/6) dalam orasinya mengatakan tidak mengharapkan ada kapitalisme rambut hitam yang mendominasi perekonomian dalam negeri. SBY secara gamblang menolak dominasi asing sejalan dengan penolakannya terhadap dominasi dalam negeri yang tidak memberi rasa keadilan untuk semua.

Pengamat ekonomi kerakyatan UGM, Revrisond Baswir, menilai SBY  kembali tidak hati-hati bertahan dari serangan kompetitornya.  Hal itu diungkapkan Soni mengomentari  kampanye SBY yang menyoal isu kapitalisme. “Kapitalisme tidak mengenal asing atau pribumi,” tandas dosen FE UGM  Senin sore (15/6) di Yogyakarta.

Kalau yang dimaksudkan SBY sebagai kapitalisme rambut hitam adalah kelompok pribumi ada persoalan serius yang harus diluruskan. Pertama, SBY tidak serius hanya sekadar bermain wacana. Ia berupaya menciptakan keseimbangan antara isu asing dan pribumi atau nasional.

Sebab, predikat neolib yang ditujukan kepada SBY-Boediono kan dicap pro intervensi asing, Nah, SBY berusaha mengaburkan isu itu. Kedua, papar Soni, pernyataan SBY jadi aneh karena pribumi belum pernah mendominasi perekonomian kita. Lantas, tanya Soni, kok ada kekuatiran seperti itu?

Konsekuansi paling krusial, kalau SBY menerima kapitalisme, baik asing maupun pribumi, jelas itu tidak memenuhi amanat konstitusi. ” Ya bahaya. Kalau SBY terima kapitalisme, ya itu melanggar konstitusi. Soal dominasi pribumi adalah amanat konstitusi,” kunci Soni mengingatkan

___________

http://www.detiknews.com/read/2009/06/15/182626/1148314/727/revrisond-baswir-dominasi-rambut-hitam-amanat-konstitusi

Iklan

Komentar»

1. hiroali - Selasa, 16 Juni, 2009

bahwa penguasaan asing atas perekonomian indonesia, itu sdh menjadi salah satu persyaratan dalam perjanjian Konferensi Meja Bundar dg barat th 1949. jika ingin indonesia ‘merdeka’ antaranya yaitu, bahwa hutang2 (termasuk ongkos/biaya utk menjajah indonesia) penjajah belanda harus dibayar oleh indonesia, indonesia harus menerima investor barat juga utk eksploitasi sumberdaya alamnya.

2. sigwar - Kamis, 18 Juni, 2009

memangnya rambut hitam hanya boleh jadi kuli kalau kayak bgitu sama aja ama zaman voc.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: