jump to navigation

Iran: Pemilihan Presiden Demokratis, Transparan & Bebas Jumat, 19 Juni, 2009

Posted by Quito Riantori in Iran Vs Thaghut.
trackback
mahmoud_ahmadinejad1
Kamis, 18 Juni 2009
Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah Islam Iran menyatakan bahwa pemilihan presiden kesepuluh telah diselenggarakan dalam atmosfer demokrasi, transparan dan bebas.

Kedutaan Besar Republik Islam Iran, dalam siaran persnya, Kamis, mengatakan hasil pemilihan presiden yang diikuti sekitar 85 persen dari pemilih dan presiden terpilih memenangkan sebesar 63 persen suara.

Iran mencontoh negara-negara maju dalam pemilihan parlemen Eropa yang diselenggarakan di 27 negara, dimana tingkat maksimum partisipasi rakyat hanya 43 persen.

Pemilu ini diselenggarakan dengan keberadaan perwakilan dari setiap empat calon presiden di berbagai tempat pemungutan suara dan dalam atmosfer yang aman dan jauh dari kecurigaan apapun.

Iran juga menegaskan bahwa dalam pemilihan presiden ini para wakil setiap calon melakukan pemantauan dalam proses pemilihan dan perhitungan.

Sesuai dengan hasil yang diumumkan, Mousavi unggul di dua provinsi dan ibukota (Teheran), sedangkan Ahmadinejad menang di beberapa di provinsi-provinsi lain.

Berdasarkan Undang-undang Republik Islam Iran, para calon presiden yang ingin protes terkait pemilu harus menyampaikan secara tertulis kepada Dewan Garda dan dengan waktu 7-10 hari akan menindaklanjuti protes tersebut.

Demontrasi dan kekacauan ketertiban umum oleh suatu kelompok yang mengklaim para pendukung calan yang kalah pada saat protes merupakan pelecehan suara terbanyak dan nilai-nilai demokrasi.
(*)

COPYRIGHT © 2009

_______________________________

Sumber : Antara News

Iklan

Komentar»

1. wahyu am - Jumat, 19 Juni, 2009

Ahmadinejad pantas menang 😀

2. abi zahra - Jumat, 26 Juni, 2009

cuma ahmadinejad the real president .berani tegas apa adanya…….gak dibuat2 kaya sby….dipanggil dpr aja gak berani apalagi lawan amerika sediiiiiiiih deh jadi rakyat indonesia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: