jump to navigation

Jenderal SBY akan Gugat Jenderal Nagabonar? Kamis, 16 Juli, 2009

Posted by Quito Riantori in Apa Kabar Indonesia?.
trackback

nagabonar_03

Orang-orang di sekitar SBY makin kentara sikap menjilatnya. Ini terlihat dari sikap Ruhut Sitompul yang mengadukan Deddy Mizwar ke SBY. Berikut di bawah ini ulasannya:

Ikhwal gugatan SBY diungkapkan oleh Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul.

Menurut Ruhut, aktor Deddy Mizwar akan dipolisikan karena dianggap mencemarkan nama baik SBY. Rencananya, pemeran tokoh Jenderal Nagabonar itu akan dilaporkan ke polisi setelah real count KPU selesai.

Kita waktu itu konfirmasi ke Bapak (SBY). Beliau bilang “Ok, silakan dilaporkan.” Beliau juga sudah membicarakan hal ini dengan Pak Kurdi Mustofa (Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Sosial) untuk menindaklanjuti,” ungkap Ruhut Sitompul kepada Indonesia Monitor, Senin (13/7).

Menurut Ruhut, rencana melaporkan Nagabonar itu akan dilakukan setelah urusan pilpres selesai yang ditandai dengan pengumuman resmi dari KPU siapa yang memenangi Pilpres 2009. “Setelah itu baru kita laporkan,” tegasnya.

Tak hanya Deddy Mizwar, menurut Ruhut, mantan kandidat capres Mayjen (Purn) Saurip Kadi juga akan ikut digugat. Mereka dituding telah mencemarkan nama baik SBY saat memberi keterangan pers usai mendatangi KPK pada 7 Juli lalu.

Saat itu, Deddy dan Saurip melaporkan dan menyerahkan bukti-bukti dugaan korupsi di KPU, sejumlah program pemerintah, serta yang terkait dengan oknum Partai Demokrat.

Kita ingin memberi pelajaran kepada siapapun, jika ingin menyampaikan pendapat, jangan merendahkan, menyampaikan hal yang tidak pantas dan menyinggung perasaan,” ujar mantan politisi Partai Golkar ini.

Ruhut mencontohkan kasus yang menimpa mantan Wakil Ketua DPR Zaenal Maarif yang juga pernah digugat SBY karena menuding SBY pernah menikah sebelum masuk pendidikan di AMN.

Kita ingin memberikan pelajaran bahwa siapapun sama kedudukannya di hadapan hukum,” tegasnya. Sementara itu, Deddy Mizwar mengaku tak yakin akan dituntut secara hukum oleh SBY hanya karena membuat pernyataan usai datang ke kantor KPK guna mendukung pemberantasan korupsi.

Saya datang ke KPK karena saya mendukung program Pak SBY untuk memberantas segala tindakan korupsi,” ujar Deddy.

Sebelumnya, SBY diberitakan di beberapa media sempat marah menanggapi kedatangan – Deddy ke KPK. SBY merasa difitnah melakukan korupsi oleh Deddy yang saat itu mendatangi KPK bersama Mayjen (purn) Saurip Kadi.

SBY pun bertekad akan menempuh jalur hukum.

“Saya tidak yakin SBY bersikap seperti itu.Mungkin saat itu dia sedikit emosi karena suasana politik sedang panas,” tandasnya.

Deddy yang sempat mendeklarasikan diri menjadi calon presiden itu mengaku siap bertemu SBY dan menjelaskan duduk persoalannya. Menurut Deddy, SBY belum mendapatkan informasi yang benar terkait kedatangan Deddy ke KPK.

Saya berpikir baik saja menyikapi ini. Tidak mungkin behau melaporkan saya, karena kita berdua cukup dekat hubungannya,” ujarnya.

Menanggapi rencana gugatan tersebut, Ketua Pedoman Indonesia, Fadjroel Rachman menilai hal itu sebagai langkah hukum yang menarik. Sebab, nanti akan terbukti data siapa yang benar di pengadilan.

Dua-duanya bisa saling ungkapkan, buka ke publik. Siapa nanti yang terbukti berbohong,” ujar Fadjroel kepada Indonesia Monitor, Senin (13 / 7). Fadjroel mengaku ikut Nadir saat Deddy membuat pernyataan di KPK yang digugat SBY.

Fadjroel menegaskan, jika yang berbohong ternyata SBY, hukum harus ditegakkan. “Jangan sampai karena dia cedang berkuasa, kemudian hukum menutupi kebenaran. Posisi Deddy dan Saurip kan repot karena mereka orang biasa. Makanya, kita harus awasi jangan sampai hak hukum mereka dilanggar,” tegasnya.

_______________

Thantri Kesumandari, Sri Widodo

Sumber : Indonesia Monitor Edisi 55 Tahun II/15-21 Juli 2009

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: