jump to navigation

Kriminalisasikan Pejuang Keadilan Pilpres, SBY Mirip Orba Selasa, 21 Juli, 2009

Posted by Quito Riantori in Apa Kabar Indonesia?.
trackback

Shohib Masykur – detikNews

Jakarta – Pidato Presiden SBY yang menanggapi ledakan bom JW Marriott dan Ritz Carlton dinilai sebagai upaya mengkriminalisasikan para pejuang keadilan pilpres. Mereka yang memperjuangkan agar pilpres berlangsung jujur dan adil seolah-olah dianggap sebagai penjahat yang antinegara dan antidemokrasi.

“Penting untuk diketahui Presiden bahwa pernyataan beliau terasa sangat memukul kelompok masyarakat yang selama ini aktif melakukan advokasi pelanggaran dan kecurangan pemilu,” kata Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti dalam konferensi pers di Kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2009).

Menurut Ray, SBY mengarahkan opini publik agar beranggapan bahwa pihak-pihak yang tidak puas terhadap pilpres adalah pelaku kekerasan yang antidemokrasi, antinegara, antipemerintahan. Orang-orang itu berbahaya karena ingin membuat Indonesia serupa Iran yang mengalami kekacauan pascapilpres.

Tindakan SBY ini, menurut Ray, ada kemiripan dengan apa yang dilakukan Soeharto ketika membangun Orde Baru. Saat itu Soeharto juga mengkriminalisasikan para pengkritik pemerintah sebagai pihak yang antipemerintahan dan antinegara. Dan seperti diketahui, Orde Baru kemudian mengarah pada otoritarianisme.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: