jump to navigation

10.000 orang Uighur Lenyap dalam Satu Malam Saja Kamis, 30 Juli, 2009

Posted by Quito Riantori in Breaking News.
trackback
Ribuan Jiwa Hilang Pasca- kerusuhan Xinjiang

Kamis, 30 Juli 2009 | 03:37 WIB

Tokyo, Rabu – Sekitar 10.000 orang Uighur yang terkait dengan kerusuhan berdarah di Provinsi Xinjiang lenyap dalam satu malam saja.

Demikian diungkapkan aktivis Uighur, Rebiya Kadeer, yang sedang berkunjung ke Jepang, Rabu (29/7) di Tokyo. Kadeer meminta penyelidikan internasional atas kejadian tersebut.

Dalam kerusuhan terburuk dalam dekade di Xinjiang awal bulan ini, korban tewas mencapai 197 orang, terbanyak dari suku Han yang merupakan mayoritas penduduk China. Suku lain yang juga jadi korban adalah orang Uighur, penduduk asli Xinjiang dan terkait erat secara kultur dengan Asia tengah dan Turki.

Sementara itu, dari Beijing dilaporkan Pemerintah China memanggil duta besar Jepang untuk memprotes kunjungan Rebiya Kadeer ke Jepang. Wakil Menteri Luar Negeri Wu Dawei memanggil Dubes Jepang Yuji Miyamoto untuk menyampaikan kekecewaan China mengenai isu tersebut. Wu juga meminta Jepang melakukan langkah antisipatif guna menghindari bangkitnya aktivis anti China di Jepang.

Di Washington, Wakil Menteri Luar Negeri Wang Guangya yang sedang melakukan perundingan dengan AS menyatakan, pihaknya meminta AS untuk mencegah siapa pun di wilayahnya yang melakukan tindakan separatis melawan China. Beijing menyampaikan apresiasinya atas sikap moderat dari AS seputar kerusuhan di Xinjiang.

Pemerintah China menuduh aktivis Rebiya Kadeer memicu kerusuhan tersebut dengan menyebarkan informasi yang salah serta menghubung-hubungkan dua kejadian yang tidak terkait di tempat terpisah. Kerusuhan Xinjiang dimulai ketika terjadi aksi protes atas pembunuhan dua pekerja Uighur di sebuah pabrik mainan di Provinsi Guangdong.

”Sekitar 10.000 orang Uighur yang turut serta dalam protes itu hilang dari Urumqi dalam satu malam. Jika mereka mati, di mana jenazah mereka, jika mereka ditahan, di mana penjara mereka,” ujar Kadeer saat jumpa pers kemarin. (AP/AFP/Reuters/joe)

________________________

http://koran.kompas.com/read/xml/2009/07/30/03372069/ribuan.jiwa.hilang.pasca-.kerusuhan.xinjiang

Komentar»

1. dody - Kamis, 30 Juli, 2009

Assalamualaikum….
dasar china biadab…kenapa mereka selalu mengatkan dalih bahwa kerusuhan di xinjiang adalah kerusuhan antar etnis bukan kerusuhan antar agama yang seperti kita lihat…dan kenapa Indonesia tidak mengambil tindakan? apakah karena china pernah mengatakan bahwa mereka menghargai indonesia tidak ikut campur dalam urusan kerusuhan di xinjiang? sungguh bangsa yang munafik…

semoga ALLAH menjadikan mereka syahid…..

untuk mas quito, salam kenal…^_^

2. Quito Riantori - Kamis, 30 Juli, 2009

@dody
Salam kenal juga, mas Dody, terima kasih atas kunjungan Anda.

Salam,

Quito

3. amri sjahriar - Minggu, 2 Agustus, 2009

mudah2an perjuangan suku uigur berhasil mengungkapkan kejadian yg sangat keji itu amin.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: