jump to navigation

KIAMAT 2012 Rabu, 4 November, 2009

Posted by Quito Riantori in Bebas, Breaking News, Opini.
trackback

2012- Movie Blog2

Siswantini Suryandari

Apa yang akan terjadi pada 21 Desember 2012?

Benarkah kiamat sudah dekat?

Inilah film karya Roland Emmerich berjudul “2012“. Sebuah karya kolosal yang akan diputar serentak di seluruh dunia pada 13 November mendatang. Film 2012 merupakan film yang menggambarkan dunia sedang dilanda kiamat. Tidak ada yang selamat di muka Bumi. Se­luruh gedung hancur terhempas oleh tsunami. Dunia dikuasai oleh air laut. Daratan makin mengecil.

Film fiksi ilmiah ini menggambar­kan bagaimana sebuah proses alam yang menghancurkan dunia. Dengan caranya yang benar-benar diperhitung­kan, dan di luar nalar manusia. Namun hanya mereka yang selamat dari kia­mat dunia, tabu jalan keluarnya.

Sutradara kelahiran Stuttgart, Jer­man, 10 November 1955 itu ingin mengetengahkan terra kiamat dunia dengan dua cara, yakni secara sains dan warisan budaya suku Maya Emmerich yang sukses lewat film Independence Day (1996) dan The Day After Tomorrow (2004), mencoba meng­gabungkan dunia modern dengan alam pikiran masyarakat Maya yang hidup pada abad 16.

Emmerich mengangkat cerita ten-tang kiamat global, setelah membaca tentang sistem penanggalan panjang yang dibuat suku Maya. Disebutkan bahwa 2012 adalah tahun akhir dunia. Suku Maya meramalkan bahwa di be­lahan bumf utara pada musim dingin terjadi titik balik matahari. Sebagai pertanda terjadinya hari kiamat secara global. “We were warned,” ujar Emme­rich tentang filmnya itu.

Maka, kata we were warned pun men­jadi tagline dari film yang dibintangi John Cusack, Danny Glover, Amanda Peet, dan Woody Harrelson itu. Dalam film 2012 diceritakan para ilmuwan yang digambarkan memberikan per­ingatan kepada para pemimpin dunia tentang kemungkinan akan terjadinya bencana besar di muka Bumi pada 2012.

Namun faktanya, wiring dengan meningkatnya jumlah populasi dunia, para pemimpin dunia tidak siap meng­hadapi bencana global tersebut.

Di sisi lain, Charlie Frost yang dipe­rankan oleh Woody Harrelson, seorang peramal juga meramalkan akan terjadi bencana dunia yang menghancurkan umat manusia. Ramalan itu diambil dari mitologi Yunani. Gara-gara ra­malan, Frost dianggap sudah gila oleh teman-temannya.

Perubahan Iklim

Tahun 2012 menjadi sangat penting artinya berkaitan dengan adanya pe­rubahan iklim di muka Bumi ini. Tahun itu memiliki keterkaitan dengan nasib Protokol Kyoto, sebuah amendemen terhadap Konvensi Rangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), yang mewajibkan negara-negara maju untuk mengurangi to tal emisi rata-rata mereka sebesar 5,2% di bawah tingkat emisi mereka pada 1990 dalam periode 2008-2012.

Apakah pada 2012 semua negara yang meratifikasi Protokol Kyoto mampu mengurangi emisi karbon­nya, atau justru sebaliknya? Kita lihat saja nanti.

Namun terlepas-dari itu semua, Emmerich membuat film 2012 den­gan biaya yang tidak sedikit. Film yang penuh dengan gambar-gambar imajinatif menggunakan teknik efek visual digital itu menyedot bujet sebe­sar US$200 juta.

Bagaimana Himalaya habis akibat tsunami juga digambarkan dalam film yang tergolong cukup dahsyat dari segi efek visual. Sony Pictures Imageworks menyewa ahli efek visual Thomas Wander untuk membuat karya-karya visual yang dramatis berkaitan dengan hari kiamat. Sementara itu Emmerich bekerja sama dengan Harald Moser dalam membuat skenario dan cerita­nya

________________________

Media Indonesia, 31 Oktober 2009

Komentar»

1. kak mimin - Kamis, 5 November, 2009

Saya jadi ingin melihat film ini dg keluarga , tapi kira kira berani apa tidak ya? Apa di Indonesia juga bulan ini? Sebenarnya ini penting di tonton para pengambil kebijakan yang telah membuat kasepakatan . Apa mereka sudah benar benar mengurangi ? atau hanya kesepakatan saja ? Yah kita lihat saja nanti . Yang jelas sudah banyak tanda tanda kiamat di bumi ini. Dengan banyaknya bencana di muka bumi ini semoga makin meningkatkan kadar keiminan kita pada Allah SWT dengan cara kita lebih peduli pada sesama. Saya pernah menyaksikan tayangan di TV ada seoarang para normal yang mengatakan bahwa pada tahun tersebut paranormal itu tidak dapat menggunakan ilmunya .
Bagaimana kita ? wallahu a’lam bissowab.

Quito Riantori - Jumat, 6 November, 2009

Katanya bakal beredar serentak di seluruh dunia 13 November ini…

iwan - Jumat, 6 November, 2009

mungkin menonton film ini menjadi cara yang baik (setelah begitu kebalnya) buat kita untuk mengingat kematian . . . penasaran pengen segera nonton

2. arie kariana - Jumat, 6 November, 2009

he he yang saya heran dari dulu, mereka itu sudah banyak membuat film2 yang senada dengan 2012 diatas, seakan2 sudah mengenal benar bahwa dalam waktu relatif dekat akan terjadi “kiamat”2 seperti itu, namun mengapa tetap saja jor2-an dalam hedonisme, seakan2 kejadian2 itu hanya khayalan… kita sendiri tentu merasa ngeri walaupun dengan hanya melihat film-nya, apalagi memang sudah ada berita2 seperti itu dalam nubuwah, wallahua’lam

3. doddy - Sabtu, 7 November, 2009

di indonesia udah kiamat, kiamat moral, ahlak,kejujuran..tinggal nunggu azabnya..atau sudah?

4. firdaus - Selasa, 10 November, 2009

kapan yang versi islam mau di buat yaaaa…….?????

5. paijo - Kamis, 12 November, 2009

hanya Allah yang tahu kapan kiamat, peramal sekaliber apapun tak kan dapat meramalkan kiamat kapan terjadi !!!!!!!!

6. capricce - Kamis, 12 November, 2009

Memang di indonesia kultur manusia udah tamat . Anarchismus oleh kelompok masa , malahan golongan agamais . Penghancuran lingkungan oleh manusia marjinal yg tidak terkendali. Penipuan oleh manusia dari kelas yg terbawah sampai yg tertinggi . Kemunafikan para pemuka agama yg berlimpahkan harta . Saya mengharapkan agar Sang Pencipta menurunkan laknatnya pada bumi indonesia ini . Habisilah orang yg benar2 harus habis , Selamatkanlah orang yg harus selamat.

7. Pulan bin Pulan - Kamis, 12 November, 2009

Sisi positifnya “jangan tanyakan kira-kira datangnya kiamat kapan ya? atau kira-kira datangnya kematian kapan ya?”

Tanyakan pada diri sendiri “apakah amalku sudah siap ya untuk menyambut datangnya Malaikat maut?”

Umat akhir zaman yg hidup dimasa yang lebih jahiliyah ini umumnya umat yang sering melakukan dosa baik sengaja atau khilaf, ayo….perbanyak amal kita untuk mengurangi waktu-waktu kita dineraka, smoga Allah tetapkan kita semua sebagai golongan ahli surga-NYA….amin

Jazakallah

8. .... - Rabu, 18 November, 2009

kalau terlalu percaya, syirik.
kalau tak percaya bner2 kejadian.
bagaimana ini?????

send back!

9. echoenoviantoe - Kamis, 19 November, 2009

AQu g’ prcya dgn smua tu,,,,,,,,

orang yg beriman pasti gak akn percya dgn smua nya,,
tp,,,
jngn slah,,,,dgn da nya film tu…orng bsa jd insaf,,,,
N
tpiiii,bsa bkin orang ktakutan,,,

smoga,,Qita dpt mnngambil hikmah dri film tu.

10. pelor - Sabtu, 21 November, 2009

cuma omong kosong yang ga penting….kiamat ga bisa di jabarkan dg Model Film…tapi kiamat berupa Hal ghaib yang semua manusia tak akan pernah tw kejadian tersebut. hanya Allah yang mengetahui kapan hari itu aka tiba. bertobatlah kamu mulai sekarang sampe ajal menjemput ….

11. haidar - Sabtu, 21 November, 2009

menurut aq yang bodoh n g tau apa2 ini…..kiamat itu,adalah sesuatu yang sudah di janjikan pasti datang oleh ALLah SWT…dan sesuatu yang akan datang pasti mendekat..namun tetap kita tdk tau kapn..dan bagaimana….yang sebenarnya sudah di sindir berulang-ulang dalam ayat2 suci….ngat yang datang makin mendekat….

12. Kemen Ahem - Rabu, 25 November, 2009

Emg bagus c animasi nya tapi kok alur cerita y kayakna kurang begitu menarik

13. pauk - Sabtu, 28 November, 2009

heran ya.. kok ada yang mengharamkan film ini, padahal kan bisa buat instropeksi diri..

14. odie - Kamis, 3 Desember, 2009

kiamat itu pasti datng,,,tak da seorangpun yang tahu kecuali Allah !!film ini cuma khayaln ,gmana dengan kiamat yang sesungguhnya!!!ayo introspeksi diri,,jangan cma jd tontonan aj!!!dzikrullah!!!

15. leo aja - Minggu, 6 Desember, 2009

kenapa qta semua harus terpancing untuk menilai ato bahkan ada fatwa2 dari tokoh ulama.film 2012 adalah sebuah kreatifitas manusia dan kebenaranya hanya kurang dari 1%/yang harus qta percaya adalah bahwa kiamat itu pasti datang kapan itu qta smua tidak akan pernah tau.sangatlah merugi manusia yang ada pada waktu kiamat tiba karna meraka adalah kaum2 kafir.

16. fahd adha - Kamis, 10 Desember, 2009

film_a bagus , itu kita anggap aja sebagai bahan evaluasi agar menjadi manusia yang lebih baek lagi ke depan_a ….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: