jump to navigation

Hadis Hadis Pilihan Tentang Mengingat Mati Rabu, 1 Februari, 2012

Posted by Quito Riantori in Khazanah Hikmah Ahlul-Bayt.
trackback


Rasulullah Saw bersabda, “Orang yang paling zuhud adalah orang yang tidak melupakan kubur dan kebinasaan (maut), meninggalkan perhiasan dunia yang terbaik, memilih sesuatu yang kekal (akhirat) ketimbang yang fana (dunia), tidak menduga-duga hari esok dari hari sekarang, dan menganggap dirinya sendiri sebagai orang yg telah mati.” (Nahjul Fashahah, hadis no. 271)

Rasulullah Saw bersabda, “Malulah kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Siapa yang malu kepada Allah dengan sebenar-benarnya, hendaklah menjaga kepala dan apa yang dikandungnya, menjaga perut dan apa yang ditampungnya, dan mengingat kematian dan kebinasaan. Siapa yang menginginkan akhirat, hendaklah meninggalkan perhiasan dunia. Siapa yang melakukan itu semua, dia sungguh telah malu kepada Allah dengan sebenar-benarnya. (Nahjul Fashahah, hadis no. 275)

Rasulullah Saw bersabda, “Tengoklah kuburan dan renungkanlah tentang kebangkitan setelah kematian! (Nahjul Fashahah, hadis no. 331)

Rasulullah Saw bersabda, “Orang yang paling baik keadaannya menurutku adalah seorang mukmin yang ringan punggungnya (sedikit harta, keturunan, dan tanggung jawabnya), banyak melaksanakan shalat, sabar dengan rezeki yang hanya mencukupi kebutuhan ala kadarnya hingga ajal menjemput untuk bertemu Allah, bagus ibadah kepada Tuhannya, tidak dikenal orang, kematiannya dipercepat, warisannya sedikit, dan tidak banyak orang yang menangisi saat kematiannya. (Nahjul Fashahah, hadis no. 372)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 217 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: