jump to navigation

Wisdoms From Ratna Megawangi Senin, 23 April, 2012

Posted by Quito Riantori in Bilik Renungan, Kearifan Universal, Opini.
trackback


• Seseorg yg mempunyai kesombongan, arogansi, kemarahan, dan dendam akan cenderung membalas, menjadi otoriter, terlepas apakah dia laki-laki atau perempuan. Ada studi memperlihatkan, laki-laki penindas belajar kekerasan dari orangtuanya. ~ Ratna Megawangi

• Org2 yg melakukan kekerasan adalah mereka yg punya kepribadian neurosis. Dia mencari legitimasi (pembenaran) dari agama, ideologi dan dari apa pun. Orang yg memaksa istrinya di rumah, tdk boleh keluar rumah, adalah org yg punya masalah di dlm dirinya. ~ Ratna Megawangi

• Saya bersyukur punya suami yg mendpt kasih sayang berlimpah dari orgtuanya. Tak ada di memorinya ia dimarahi orgtua. Kpd saya, dia bilang, ‘Diri saya ini penuh kasih sayang yg ingin saya salurkan kpd kamu ha ha ha…’ Jadi saya bilang sama anak2, kalau cari suami atau isteri, yg penting bukan status sosialnya, tetapi punya masa kecil dan masa sekolah yg bahagia. ~ Ratna Megawangi.

• Perkawinan adalah jihad batin seumur hidup. Dlm perkawinan, batin kita diasah krn kita dipersarukan dg kondisi, latar belakang budaya, sosial dan pola asuh berbeda. Di situ ada usaha penyesuaian, belajar saling menghormati, dan saling toleran thd perbedaan. Kalau sifat mau menang sendiri, mau benar sendiri, sudah cair, itulah artinya (perkawinan) sudah separuh iman. ~ Ratna Megawangi.

• Sekarang, Ratna Megawangi tertarik pada fisika kuantum, katanya, “Karena ini paradigm shift (pergeseran paradigm), ada kesadaran baru tentang interconnectedness (saling keterkaitan). Dalam atom, sub atom, sub atom dibagi-bagi lagi,kalau kita buka, semua saling mengelilingi. Intinya,99,99 persen adalah space (ruang). Artinya, yg kita lihat berbeda secara fisik adalah ilusi. Jadi, bagaimana manusia bisa memiliki kesadaran kalau the whole is within the part. Alam semesta itu seperti kacang hijau. Artinya, kita semua itu dari satu.Kalau kita merasa menyatu, kita akan merengkuh, tidak menyakiti.” ~ Ratna Megawangi.

• (Dikutip dari Kompas Cetak,Minggu, 22 April 2012)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: